Kamis, 27 September 2018

Masa Panen Bibit Sengon


Masa Panen Bibit Sengon Solomon dengan Bibit Sengon Biasa

Bibit Sengon,- Ada alasan yang cukup mendasar kenapa bibit sengon solomon menjadi primadona petani yang bergerak di bidang perkayuan. Yakni rentang waktu yang dihabiskan untuk bertanam bibit sengon solomon lebih pendek. Berikut ini adalah perbandingan konkret kenapa bibit sengon itu lebih banyak dipilih dibandingkan dengan bibit sengon biasa atau varietas lokal.

Bibit Sengon Biasa Membutuhkan Setidaknya 10 Tahun Masa Tanam

Untuk bibit sengon biasa, masa waktu yang dibutuhkan hingga siap dipanen adalah sekitar satu dekade. Waktu ini adalah ukuran normal untuk pohon sengon mampu tumbuh sekitar diameter 60 senti meter. Tinggi pohonya untuk umur 10 tahun berada dalam kisaran 10 meter. Karena itu dalam jangka waktu 10 tahunlah bibit sengon biasa baru cukup layak untuk dipanen.


Bibit Sengon Solomon Hanya Perlu Setengah Waktu Normal

Hal yang cukup mencengangkan jika membandingkan bibit sengon solomon dengan bibit sengon biasa adalah pertumbuhannya yang cepat. Untuk kisaran waktu 5 tahun saja bibit sengon solomon mampu mencapai diameter batang sekitar 50 senti meter. Hal ini sangat berbeda dengan bibit sengon biasa yang membutuhkan waktu dua kali lipat. Karena itu dalam waktu 7 tahun saja bibit sengon jenis solomon akan mencapai ukuran yang sangat layak untuk dipanen.
Menghasilkan Mebel Berkualitas Tinggi
Dengan perbandingan dari pertumbuhan batang saja telah terlihat bagaimana bibit sengon jenis solomon unggul jauh dibanding bibit sengon biasa. Selain itu, bentuk batang dan kualitas kayu yang dihasilkan sangat baik. Bentuknya yang cenderung lurus dengan tekstur yang lebih lembut sangat cocok untuk dijadikan bahan mebel berkualitas tinggi. Kualitas inilah yang juga membedakan harga kayu sengon solomon dengan kayu sengon biasa. Sehingga akan menaikkan omzet pendapatan Anda sekaligus.
Itulah kelebihan yang mesti Anda tahu jika ingin melakukan budidaya bibit solomon. Karena budidaya bibit sengon membutuhkan waktu yang lama, keunggulan dalam masa tanam bibit sengon solomon adalah solusi untuk mendapat hasil yang lebih maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar