Kamis, 05 Juli 2018

Cara Memilih Bibit Sengon

Memilih Bibit Sengon Terbaik

Bibit Sengon,- Salah satu kunci budidaya bisa berhasil dimulai dari pemilihan bibit yang baik. Hal itu juga berlaku untuk budidaya bibit sengon. Karena pemilihan bibit yang sehat dan berkualitas adalah langkah awal mendapatkan hasil terbaik. Untuk itu Anda perlu mengenali beberapa ciri yang menampakkan kulitas suatu bibit sengon. Berikut ini adalah bebera hal yang bisa Anda perhatikan ketika membeli bibit sengon.

Bertinggi Antara 50 Senti sampai 1 Meter

Untuk bisa ditanam di lahan terbuka, kriteria awal bibit sengon yang baik adalah bertinggi cukup. Tinggi ini biasanya antara 50 senti hingga 1 meter. Untuk kisaran tinggi tersebut juga menjadi kriteria minimal dari penjual bibit. Sehingga Anda tinggal memilih saja mana kulitas bibit yang sesuai. Untuk itu Anda perlu memperhatikan beberapa kriteria lainnya.

Berumur 6 Bulan Hingga 1 Tahun

Umur minimal untuk bibit yang bisa ditanam secara baik adalah kisaran umur setengah hingga satu tahun. Kisaran umur ini sudah cocok karrena telah memiliki akar tunggang yang cukup kuat dan panjang guna menopang pertumbuhan bibit secara baik. Usia kisaran 1 tahun ini biasanya punya tinggi sekitar 1 meter. Namun untuk lebih jelasnya sebaiknya Anda bertanya langsung pada penjual bibit yang bersangkutan.

Berbatang Lurus

Kriteria terakhir bibitsengon yang baik adalah berbatang lurus. Ini sangat penting karena bibit sengon yang lurus akan menghasilkan pohon yang lebih kuat dan bertekstur bagus kedepannya. Apalagi jika bibit yang Anda beli telah diproyeksikan untuk dijual di masa depan. Dengan pemilihan bibit sengon yang tegak, pertumbuhan bibit sengon juga akan lebih maksimal. Hal ini sekaligus mempermudah penanamannya jika akan dibudidayakan secara massal.

Tiga hal tersebut telah cukup sebagai langkah awal untuk mendapat bibit sengon yang baik, selain itu Anda sebenarnya juga bisa melihat daun dan kondisi kulit dari bibit sengon. Dengan pengamatan yang lebih teliti, biasanya akan tampak kasat mata mana bibit sengon yang sehat dan mana yang berpenyakit atau kurang normal pertumbuhannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar