Senin, 09 Juli 2018

Menyiapkan Lahan untuk Penyemaian Bibit Sengon


Menyiapkan Lahan untuk Penyemaian Bibit Sengon

Bibit Sengon,- Menyiapkan lahan untuk penanaman bibit sengon menjadi proses penting dalam budidaya bibit sengon. Karena itu Anda mesti mengetahui bagaimana cara mengatur lahan yang tepat agar bibit sengon bisa tumbuh dengan baik. Persiapan yang matang akan sangat menentukan kesuksesan bibit bisa beradaptasi dengan lahan terbuka. Beberapa tahap dasar mesti disiapkan untuk membantu pertumbuhan bibit sengon dan pencapaian hasil panen yang maksimal. Berikut ini beberapa hal yang mesti Anda lakukan sebelum menanam bibit di lahan.

Membajak Lahan untuk Penyemaian Bibit Sengon

Penting untuk membajak lahan yang akan Anda tanami bibit sengon. Keuntungan utama dari membajak tanah adalah membantu menggemburkannya. Selain itu pembajakan akan membantu membasmi gulma dan rumput yang mungkin bisa menghambat pertumbuhan bibit sengon. Jika pembajakan seluruh permukaan tidak memungkinkan, usahakan untuk membersihkan tiap titik yang akan ditanami bibit dalam radius 9 meter persegi.

Membuat Lubang Tanam

Langkah selanjutnya setelah membajak permukaan lahan adalah membuat lubang-lubang yang akan menjadi titik penyemaian bibit sengon. Kedalaman yang ideal biasanya sekitar 30 senti meter. Dengan diameter sekitar 15 senti meter. Kedalaman dan kelebaran lubang ini bisa disesuaikan dengan ukuran bibit yang tersedia. Jika sedianya bibit sengon telah lumayan besar, ukurannya tentu mesti disesuaikan.

Menjemur Lubang Galian

Langkah akhir sebelum bibit sengon bisa ditanam adalah dengan membiarkan lubang galian terkena sinar matahari. Lubang ini sedianya dibiarkan terbuka dalam rentang waktu 3 minggu. Fungsinya agar lubang galian terbebas dari bakteri dan sekaligus menggemburkan tanah yang akan jadi tempat hidup bibit sengon. Untuk lebih baiknya, campurkanlah pupuk kandang di sekitar galian agar tanah semakin subur.

Setelah semua persiapan tersebut selesai, Anda bisa langsung menanam bibit sengon di tempat yang telah tersedia tadi. Dengan memperhatikan musim dan ketersediaan air, penanaman bibit sengon akan mendapat hasil maksimal. Ketersediaan air dan sinar matahari akan membantu bibit sengon cepat hidup dan beradaptasi di lingkungan barunya tersebut.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar