Rabu, 19 September 2018

Perawatan Pohon Sengon Laut


Perawatan Standar dalam Budidaya Bibit Sengon Laut


Bibit Sengon,- Berikut ini saya akan berbagai beberapa hal standar yang mesti dilakukan oleh petani yang membudidaya bibit sengon laut. Beberapa kiat yang akan saya tulis tentu sebenarnya sudah banyak diketahui oleh para petani atau perkebun yang pengalaman. Karena ini adalah tipe-tipe kiat mudah yang hampir selalu dilakukan oleh para pembudidaya tanaman di sektor agribisnis seperti budidaya bibit sengon laut. Oleh karena itu langsung saja simak kiatnya sebagai berikut.

Menyiangi Lahan bibit Sengon Laut


Proses menyiangi lahan adalah dengan membersihkan lingkungan hidup bibit sengon laut. Hal yang perlu dibersihkan adalah gulma dan rumput yang mungkinkan mengganggu pertumbuhan dari bibit sengon laut yang telah ditanam. Proses ini sangat penting terutama ketika bibit sengon laut berumur di bawah 3 tahun. Dalam masa awal pertumbuhan bibit sengon laut tersebut ia sangat rentan terhadap gangguan seperti rumput dan gulma yang akan merebut makanan atau unsur hara dari tanah di sekitar bibit sengon laut hidup.

Memangkas percabangan Bibit Sengon Laut

Kenapa penting untuk memangkas percabangan pada bibit sengon laut? Apakah hal itu tidak akan mengganggu pertumbuhannya? Jawaban untuk pertanyaan pertama adalah penting untuk memangkas percabangan bibit sengon laut. Karena, jawaban pertanyaan kedua, pemangkasan tersebut akan membantu memfokuskan pertumbuhan bibit sengon laut pada batang utama. Pemangkasan ini tentu saja tidak dimaksudkan memangkas seluruh percabangannya. Cukup untuk cabang yang dirasa tidak perlu dan mengganggu fokus batang utama tumbuh ke atas.

Pendangiran Lahan Tanam Bibit Sengon Laut

Langkah pamungkas setelah menyiangi dan memangkas percabangan adalah dengan mendangir lahan tanam bibit sengon laut. Pendangiran ini adalah kegiatan mencangkul atau membalik tanah yang menjadi tempat tanam bibit sengon laut dengan tujuan untuk membuat tanah semakin subur. Pendangiran ini biasnaya dilakukan dengan membalik tanah supaya bakteri dalam tanah mati dan rumput yang ada di permukaan terkubur lantas menjadi pupuk alami yang akan menunjang pertumbuhan bibit sengon laut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar