Kamis, 05 Juli 2018

Mengenal Tanaman Pohon Sengon


Mengenal Pohon Sengon atau Albasia

Bibit Sengon,- Pohon sengon adalah salah satu komoditas pertanian yang sangat menjanjikan. Komoditas satu ini adalah tanaman yang sangat strategis karena bisa dibuat menjadi berbagai macam produk lanjutan. Yang utama tentu saja adalah untuk pembuatan perabot rumah tangga. Selain itu pohon sengon juga bisa dibuat untuk perkakas lain seperti peti, pensil, dan almari.

Pohon Sengon Juga Disebut Pohon Albasia
Meskipun lebih dikenal dengan sebutan pohon sengon, nama aslinya sebenarnya adalah pohon albasia. Nama itu diambil dari nama latin tanaman satu ini yang disebut Albazia Falcataria. Karena mungkin namanya terlalu panjang dan susah diucapkan, banyak yang lebih suka menyebutnya dengan pohon sengon saja. Selain itu juga karena penamaan latin biasanya hanya digunakan di forum akademik saja.

Struktur Pohon yang Bagus

Keunggulan pohon sengon dibanding dengan pohon lainnya adalah struktur batangnya yang bagus, yakni lurus dan minim percabangan. Selain itu kulitnya juga tidak berbanir. Sehingga secara alami tekstur pohon sengon sangat rapi. Pertumbuhannya juga cenderung tegak ke atas. Dengan perawatan yang baik, menanam pohon satu ini lebih menjamin pendapatan kayu yang baik.
bibit sengon

Mudah Dibudidayakan Secara Massal

Salah satu syarat utama agar pohon bisa dibudidayakan secara massal adalah kemampuannya untuk bertahan di segala bidang tanah. Ini adalah satu dari sekian keunggulan pohon sengon. Telah banyak pengalaman bahwa pembudidayaan pohon sengon tidak saja mudah tetapi juga murah. Karena itu tak heran banyak sekali petani yang tertarik membudidaya bibit sengon secara massal.
Itulah beberapa keunggulan sengon yang perlu Anda ketahui jika ingin melakukan budidaya pohon lurus satu ini. Sejauh ini budidaya pohon sengon cukup populer karena daya guna pohon dan batangnya, selain juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Karena itu ia akan cocok untuk ditanam sendiri untuk mencukupi kebutuhan pribadi. Meskipun pohon ini juga akan sangat cocok untuk dibudidaya secara massal dengan tujuan untuk dipasarkan kemudian. Selamat melakukan budidaya bibit sengon, dan semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar