Minggu, 08 Juli 2018

Murahnya Budidaya Bibit Sengon


Murahnya Budidaya Bibit Sengon

Bibit Sengon,- Kabar baik untuk Anda yang berbisnis di bidang kayu dan properti bahwa salah satu komoditas kayu yang mungkin bisa Anda budidayakan secara mandiri adalah bibit sengon. Ini karena secara umum perawatan bibit sengon sangat murah. Sehingga Anda bisa mendapatkan hasil berlipat jika mau membudidayakan sengon secara mandiri.

Biaya Tak Lebih Dari 5 Ribu rupiah Per-tahun

Kabar yang paling menarik adalah biaya untuk merawat bibit sengon tidak sampai 5 ribu rupaih per tahun. Jika Anda menanam 100 bibit maka biaya tahunan yang mesti dikeluarkan cuma 500 ribu. Sangat murah bukan? Ini karena bibit sengon tidak membutuhkan peratan yang ribet dan fasilitas mahal sehingga biaya yang dihabiskan akan sangat minim.

Cara Menekan Ongkos Perawatan

Biaya yang murah sangat dipengaruhi oleh beberapa hal mendasar. Cara yang biasa Anda gunakan adalah dengan menanam bibit sengon di daerah yang mudah untuk mengakses air. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan air adalah elemen vital untuk pertumbuhan sebuah tanaman. Karena itu jika lahan yang Anda miliki dekat dengan sungai atau sumber air, maka biaya tambahan untuk penyiraman bisa ditekan dengan saksama.

Cuma Butuh Panas yang Intens

Alasan berikutnya selain air adalah bahwa kebutuhan dasar bibit sengon ini tidak usah beli, karena sinar matahari bisa didapatkan dengan gratis bukan? Hal yang perlu dilakukan cuma mengkondisikan bahwa lahan yang Anda tanami bibit sengon tidak tertutup oleh pepohonan lain atau banguanan sekitar. Karena itu pilihhan lahan yang cukup terbuka untuk menjamin bibit sengon mendapatkan sinar matahari secara memadai.
Lantas, sebenarnya untuk apa biaya 5 ribu dikeluarkan pertahun? Jawabannya adalah pupuk. Meskipun pembelian pupuk bisa digantikan dengan pupuk gratis hasil kompos atau dari kandang ternak, alangkah lebih baik jika Anda menambahkan pupuk NPK, buatan, untuk menunjang pertumbuhan bibit sengon. Dengan tambahan pupuk buatan yang bisa dilakukan sekali dalam sebulan, pertumbuhan bibit sengon Anda akan bisa maksimal.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar