Rabu, 18 Juli 2018

Agar Bibit Sengon Tumbuh Lurus


Merawat Bibit Sengon Agar Tegak Lurus

Bibit Sengon,- Bagi pembudidaya bibit sengon, mendapat batang sengon yang besar dan tegak lurus adalah dambaan. Namun mendapatkan pohon sengon yang mampu tumbuh tegak lurus perlu beberapa usaha yang cermat dari petani bibit sengon. Pengalaman telah berbicara bahwasanyta perawatan mesti dilakukan sejak bibit sengon kecil. Sehingga pohon sengon yang tumbuh menjadi tegak lurus.

Memotong Cabang Bibit Sengon Secara Berkala

Hal sentral yang perlu dilakukan untuk mendapatkan batang pohon sengon yang tegak lurus adalah dengan memotong cabang-cabang baru secara teratur. Hal ini biasanya dilakukan saat usia bibit sengon mencapai enam bulan atau lebih. Di usia itu bibit sengon telah memasuki masa vegetasi, yakni tumbuhnya percabangan baru dari batang utama. Dengan memangkas secara berkala percangannya, pertumbuhan bibit sengon akan terfokus pada batang utama saja.

Menambahkan Penyangga Batang

Sebenarnya bibit sengon puna karakter pertumbuhan yang lurus, oleh karenanya perawatannya agak mudah. Namun, ketika bibit sengon masih kecil, batang bibit sengon tetap rawah bengkok dan patah. Karena itu agar bibit sengon bisa tumbuh lurus bantulah posisi batang bibit sengon dengan membuat penyangga. Penyangga ini bisa berupa kayu sepanjang 1 meter yang diikatkan ke batang bibit sengon. Tujuannya untuk menstabilkan posisi batang bibit agar tetap tegak ke atas. Selain itu penyangga ini juga berguna untuk batang yang bengkok di usia dini.
bibit sengon

Menyiangi Bibit Secara Teratur

Selain perhatian ditujukan pada batang bibit sengon, kondisi lingkungan bibit sengon juga mesti dikondisikan. Yakni dengan senantiasa menyiangi lingkungan bibit sengon dari gulma dan rumput pengganggu. Selain itu hal yang mesti diperhatikan adalah keberadaan pohon lain di sekitar bibit sengon. Keberadaan pohon lain bisa mendesak bibit sengon tidak tumbuh lurus jika menutupi akses pohon sengon dari sinar matahari.
Di samping semua itu, Anda perlu memeriksa kondisi bibit sengon secara berkala. Yakni untuk menjaga jika sewaktu-waktu posisi bibit sengon berubah atau muncul cabang baru. Dengan begitu batang bibit sengon akan tegak lurus sehingga menghasilkan panen yang berkualitas tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar