Jumat, 14 Desember 2018

Membuka Lahan Untuk Penanaman Sengon


Membuka Lahan untuk Menanam Bibit Sengon Laut


Bibit Sengon,- Menyiapkan lahan yang baik untuk penanaman bibit sengon laut menjadi langkah penting dalam budidaya kayu sengon. Menanam bibit sengon laut membutuhkan beberapa persiapan di lahan yang akan digunakan supaya proses adaptasi bibit sengon laut berjalan lancar. Karena itu Anda mesti menguasai cara mengatur lahan yang tepat agar bibit sengon bisa tumbuh dengan baik. Pengaturan lahan yang tepat akan menentukan kesuksesan budidaya kayu sengon laut Anda. Inilah beberapa hal yang mesti Anda siapkan.

Membersihkan Lahan dari Gulma dan Rumput Liar

Alasan utama kenapa lahan mesti dibersihkan dari gulma dan rumput liar adalah untuk menyiapkan lahan yang steril bagi bibit sengon laut. Steril di sini dalam arti tidak adanya hal yang mengganggu pertumbuhan bibit sengon laut, terutama dalam memperoleh makanannya dari dalam tanah. Oleh karena itu menjadi penting untuk membajak lahan yang akan Anda tanami bibit sengon laut. Jika Anda tidak bisa membajak seluruh permukaan lahan, usahakan untuk membersihkan gulma dan rumputnya di tiap titik yang akan ditanami bibit sengon laut saja.

Membuat Lubang Tanam Bibit sengon Laut
Setelah pembajakan lahan selesai, buatlah lubang-lubang untuk tempat menyemai bibit sengon laut. Lubang ini idealnya berkedalaman  tak lebih dari 30 senti meter. Jika telah mencapai kedalaman tersebut, aturlah diameternya dalam kisaran 15 senti meter. Ukuran itu biasanya telah bisa menjadi lubang tanam yang cocok untuk bibit sengon usia di atas 6 bulan. Tentu saja ukuran ini bisa dirubah, sesuai dengan kebutuhan dan ukuran dari bibit sengon laut yang Anda miliki.
Mencampur Tanah dengan Pupuk Kompos
Sebelum Anda menancapkan bibit sengon laut pada lubang tanam yang telah disiapkan, jangan lupa untuk memberi pupuk kompos lebih dulu. Pupuk ini bisa ditempatkan di dasar galian atau dicampurkan dengan tanah yang akan digunakan untuk menutup bibit sengon laut. Idealnya adalah pencampuran di lakukan di keduanya agar pertumbuhan akar bibit sengon laut berlangsung cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar